Menelisik Lebih Jauh Minat Pembeli terhadap Harga Baju Drumband

Dalam dunia marketing, pasang surut tingkat jual – beli pembeli dan penjuali tentu menajdi hal yang wajar. Ada kalanya tingkat permintaan tinggi melebihi yang dipikirkan. Ada pula tingkat penawaran yang tinggi karena sepinya peminat untuk membeli barang yang diperdagangkan. Hal ini terjadi diberbagai sektor perdagangan baik berupa barang manufaktur maupun industri kreatif dan lainnya. Hal ini pulalah yang kadang terjadi pada prosen penjualan dan pembelian baju drumband. Dengan keadaan demikian secara langsung maupun tidak langsung, akan mempengaruhi elastisitas harga baju drumband itu sendiri.

Dalam beberapa dekade tahun terakhir, minat pembeli terhadap kostum drumband menunjukkan kenaikan yang lumayan. Hal ini mengingat sudah semakin banyaknya acara – acara baik yang berskala daerah, nasional bahkan internasional yang digiatkan oleh pemerintah. Salah satu yang paling mudah dijumpai ialah banyaknya event – event karnaval disetiap hampir seluruh daerah di Indonesia, sebut saja seperti di Yogyakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan yang terbaru yang dinobatkan sebagai salah satu karnaval internasional adalah Jember Fashion Carnaval (JFC) yang berlokasi di Kabupaten Jember provinsi Jawa Timur. Dalam event – event tersebut dapat dipastikan jika pertunjukan drumband pasti selalu ada. Belum lagi jika acara – acara kenegaraan yang lain. Dari sering diadakannya acara seperti itu ,maka secara tidak langsung menaikkan pangsa pasar kostum baju drumband. Minat masyarakat untuk membeli baju drumband semakin tinggi menyebabkan harga baju drumband semakin bervariasi dan sedikit lebih tinggi. Peminat baju-baju drumband pun bervariasi tidak hanya berasal dari satu kalangan saja melainkan universal. Dari mulai anak TK, SD, SMP, SMA hingga masyarakat biasa. Keawetan baju drumband juga menjadi faktor meningkatnya minat pembeli terutama untuk yang sudah berusia dewasa muda hingga matang karena sifatnya yang bisa sekali untuk seumur hidup mengingat ukuran tubuh mereka yang tidak bisa tumbuh lagi sehinggak ukuran tidak berubah dan akan selalu sama.

Meningkatnya minat pembeli yang cukup signifikan terhadap baju drumband tentu membuat para pihak penjual sedikit lega karena setidaknya keberlangsungan usaha mereka dapat terjamin lebih lama meskipun pada dasarnya kembali pada diri masing – masing dalam mengupayakan bagaimana agar usaha yang dijalankan tetap bertahan ditengah gempuran persaingan, perbedaan harga baju drumband misalnya.