Inilah Kelebihan dan Kekurangan Membeli Sepeda Motor Bekas

Image result for Sepeda Motor Bekas

Sebagai salah satu jenis transportasi yang dipakai oleh banyak orang, saat ini sepeda motor menempati peringkat atas sebagai jenis kendaraan yang paling banyak terjual setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan kendaraan jenis ini memiliki banyak tipe yang memiliki fungsi berbeda-beda meskipun sebenarnya fungsi utama dari kendaraan ini adalah sebagai alat transportasi. Dalam satu rumah, keberadaan kendaraan bermotor bisa mencapai dua sampai tiga unit, ini berarti setiap tahunnya jumlah kendaraan ini akan terus bertambah. Padahal, jika dilihat dari segi harga, sebenarnya motor memiliki kisaran harga yang terbilang tidak murah.

Namun harga mahal hanya berlaku pada jenis kendaraan bermotor yang dalam kondisi baru saja, karena tipe dan desain motor yang terus mengalami banyak kemajuan, beberapa orang sering tergiur untuk selalu membeli motor dengan desain terbaru supaya selain terlihat lebih keren dan beberapa orang juga mengincar pada spesifikasi dan fitur yang ditawarkan. Namun, tentu saja hal ini akan membuat jumlah motor bekas menjadi lebih banyak. Meskipun begitu beberapa orang lebih memilih membeli kendaraan bermotor dengan kondisi second atau bekas pakai. Biasanya selain karena faktor budget, ada beberapa kelebihan jika membeli sepeda bermotor dengan kondisi bekas, lalu apa saja kelebihannya, simak ulasan berikut:

  • Harganya lebih murah.

Faktor harga biasanya menjadi pertimbangan utama mengapa sebagian orang lebih memilih membeli kendaraan bermotor dengan kondisi bekas. Hal ini dikarenakan motor bekas dapat memiliki selisih harga yang lebih rendah dan dapat mencapai setengah dari harga motor baru.

  • Prosesnya lebih mudah.

Dibandingkan dengan membeli motor baru, proses jual beli sepeda motor bekas lebih mudah, karena Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar harga motor bekas tersebut tanpa perlu memikirkan bagaimana mengurus surat-surat kelengkapannya.

  • Kualitas masih bagus.

Jika Anda beruntung, maka Anda dapat membeli motor bekas dengan kualitas mesin dan fisik yang masih seperti baru namun, harganya lebih murah dibandingkan dengan membeli motor baru. Hal ini akan menguntungkan Anda karena bisa mendapatkan kendaraan bermotor dengan harga yang lebih rendah namun dengan kualitas yang hampir sama.

Akan tetapi, membeli motor dengan kondisi bekas tentu saja tidak akan terlepas dari kekurangan, berikut beberapa kekurangan saat Anda menentukan untuk membeli kendaraan bermotor bekas, yaitu:

  • Harus lebih teliti.

Karena membeli motor bekas berarti motor tersebut sudah pernah digunakan sebelumnya, Anda harus lebih jeli dan teliti dalam memeriksa setiap komponennya apakah masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Selain itu, cara untuk mengantisipasi hal ini adalah belilah motor bekas di penjual yang sudah mempunyai reputasi baik, ataupun di beberapa situs jual beli online namun dengan mengajaknya cod terlebih dahulu dan Anda harus mengajak orang yang lebih berpengalaman mengenai seluk beluk mesin dan motor bekas.

  • Tidak ada garansi resmi.

Jika membeli motor bekas, biasanya Anda hanya akan mendapatkan garansi dari penjual selama beberapa hari saja. Setelah itu semua hal yang terjadi pada motor bekas Anda akan menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

  • Kepastian hukum.

Saat membeli motor bekas, Anda juga harus memastikan bahwa semua surat-suratnya adalah asli dan bukan tiruan, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat Anda sudah memiliki kendaraan tersebut.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan membeli motor bekas, yang dapat Anda jadikan referensi saat akan memilih sepeda motor dengan kondisi bekas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *